DYAH HANUNG WARDHANI

Berpacu menjadi yang terbaik

Bab 3 proposal Skripsi

diposting oleh dyah-h-w-fpsi08 pada 09 April 2012
di Umum - 0 komentar

 

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 TIPE PENELITIAN

Tipe penelitian ini adalah explanatory research atau confirmatory yaitu suatu penelitaian yang mencoba menjelaskan hubungan antara  variabel – variabel penelitian dan disertai menguji hipotesis sebelumnya. Di dalamnya berfokus pada uraian deskriptif yang menjelaskan hubungan antar variabel – variabel (Singarimbun & Effendi, 1995:5).

3.2  IDENTIFIKASI VARIABEL PENELITIAN

Variabel adalah simbol yang nilainya dapat bervariasi, yaitu angkanya dapat berbeda-beda dari satu seubjek ke subjek yang lain atau dari satu objek ke objek yang lain. Variasi angka termaksud tidak hanya dalam arti variasi kuantitatif akan tetapi juga dapat mengandung arti variasi kualitatif(Azwar,2007).

Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah:

  1. VARIABEL BEBAS

Variabel bebas atau variabel independen (X) adalah variable yang dipandang sebagai kemunculan variabel terikat yang diduga merupakan akibatnya ( Kerlinger, 2004:58). Variabel  independen (X) dalam penelitian ini adalah kualitas layanan.

            2.VARIABEL TERIKAT

Variabel yang diramalkan, akibat yang dipradugakan, yang bervariasi mengikuti perubahan atau variasi variabel bebas. Variabel dependen tidak dimanipulasi, melainkan diamati variasinya sebagai hasil yang dipradugakan berasal dari variabel bebas (Kerlinger, 2004:59). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah loyalitas pelanggan.

 

Skema Arah dan Hubungan Antar Variabel

Variabel X:

Kualitas Layanan

Variabel Y:

Loyalitas Pelanggan

 

 

 

3.3  DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL PENELITIAN

Definisi operasional adalah petunjuk pelaksanaan bagaimana caranya mengukur suatu variabel .Agar variabel dapat diukur dan diamati maka setiap konsep yang ada dalam hipotesis harus dioperasionalkan dalam definisi operasional variabel.

Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel kualitas layanan, dan variabel loyalitas pelanggan online shop.

3.3.1 Variabel Kualitas Layanan (Variabel X)

Menurut Barnes (2003) berkembangnya pelayanan berbasis teknologi, dan sistem  melayani diri sendiri seperti di internet dan meningkatnya aktivitas perdagangan di internet seharusnya meningkatkan kualitas dari pelayanan pelanggan. Sedangkan definisi dari variabel kualitas layanan menurut Ratminto dalam Giri Cahyono (2008:14);

  1. Kesederhanaan
  2. Kejelasan,
  3. Kepastian waktu,
  4. Akurasi, keamanan ,
  5. Tanggung jawab,
  6. Kelengkapan sarana dan prasarana,
  7.  Kemudahan akses,
  8.  Kedisiplinan,
  9.  Kesopanan dan keramahan 

10.  Kenyamanan.

3.3.2 Variabel Loyalitas Pelanggan (Variabel Y)

       Loyalitas pelanggan dalam hal ini terjadi pembelian berulang pada tempat yang sama. Dalam hal ini menurut penelitian yang penulis akan teliti adalah loyalitas pelanggan pada online shop. Perlu diperhatikan bahwa loyalitas pelanggan pada online shop melalui cara yang disebut dengan Word of Mouth (WOM).

Menurut Kotler  customer loyalty adalah suatu pembelian berulang yang dilakukan oleh pelanggan karena komitmen terhadap suatu merk atau perusahaan. Sedangkan menurut Griffin (1995) seorang pelanggan yang loyal adalah “A loyal costumer is one who makes regular repeat purchases, purchase across product and service lines, refers others, and demonstrates an immunity to the pull of the competition”. Adapun atribut-atribut loyalitas pelanggan menurut Griffin:

  1. Makes regular repeat purchases
  2. Purchases acrossproduct and service lines
  3. Refers Others
  4. Demostrates an Immunity to the pull of the competition

3.4  POPULASI DAN SAMPEL

Populasi adalah wilayah generasalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiono, 2007:55). Sampel adalah bagian atau sebagian dari suatu populasi, sedangkan proses pengambilan sampel dari suatu sampel dinamakan sampling (Zainuddin, 2007:76). Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Pada teknik ini yang dijadikan anggota sampel adalah siapa saja yang kebetulan dijumpai oleh peneliti di tempat-tempat tertentu (Sugiono, 2007:59). Hal ini dikarenakan belum diketahui jumlah pasti pelanggan online shop di facebook. Adapun tempat untuk pengambilan sampling adalah di warnet, hotspot, ataupun tempat-tempat yang menyediakan jaringan internet dan pada saat ditanyai peneliti, sample dalam keadaan sesuai untuk mengisi kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah:

  1. Pengguna Facebook
  2. Berumur 18-24, 25-34, 35,44, 45-54. Karena menurut Barnes (2003), kisaran umur itulah subjek melakukan pembelian secara online selama 12 bulan terakhir.

 

 

 TEKNIK PENGUMPULAN DATA

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner . Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari subjek dalam artian laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang diketahuinya.

3.6 VALIDITAS dan REIABILITAS ALAT UKUR

3.6.1 Uji Validitas

Validitas secara umum berarti sejauh mana hasil tes dapat dipakai untuk tujuan yang dimaksud. Validitas item bertujuan untuk menguji apakah item-item pernyataan benar-benar telah mengungkapkan indikator yang ingin diteliti. Untuk menguji validitas isi peneliti menggunakan professional judgement. Adapun jumlah professional judgement digunakan minimal tiga orang (Sugiyono, 2007:271).

3.6.2 Uji Reliabilitas

Reliabilitas artinya dependability atau konsistensi. Dapat didefinisikan sebagai hal yang apabila pengukuran diulangi akan memiliki kondisi atau hasil yang sama (Neuman, 2000).

Penelitian ini menggunakan validitas cronbach’s alpha. Peneliti menggunakan validitas tersebut karena kuesioner yang digunakan bertujuan untuk mengukur satu konstruk yang sama, untuk menguji sampel yang didapatkan secara random serta mendapatkan reliabilitas yang sama (Neuman, 2000).

 

Sumber:

Alsa, Asmadi.2004.  Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif: Serta kombinasinya dalam penelitian psikologi.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 

 

Barnes, James G. 2003. Secrets Of Customer Relationship Management. Yogyakarta: Andi

 

 

Cahyono, Giri. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (thesis)

 

Ellitan, Lena & Anatan, Lina. 2009. Manajemen Inovasi (Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia). Bandung: Alfabeta

 

Goutama, Febrianto dan Agustina.2008. Analisa Pengaruh Member Card terhadap Tingkat Pembelian dan Loyalitas Para Pemegang Member Card Pada Diva Accessories, Cresent Gallery, dan Stroberi Di Surabaya (skripsi)

 

Griffin, Jill. 2002. Consumer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Edisi Revisi. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga

 

Hog, Margaret K (editor). 1999. Consumer Behavior: Research and Influences. SAGE Library in Bussiness and Management

 

Gumilang, Diah Laksmi. 2009. Hubungan Antara Sikap Belanja di Internet Dengan Minat Belanja Di Online Pada Pria Pekerja Di Surabaya. Skripsi (tidak diterbitkan)

 

 

Komiak, Sherrie Xiao & Benbasat, Izak. 2004. Understanding costumer Trust in Agent-Mediated Electronic Commercee, and Traditional Commercee. Information technology and Management, 5, 181-207

 

 

Neuman, W.Lawrence,. 2000. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. London: Allyn and Bacon

 

Oliver, Richard L. 1999. Whence Consumer Loyalty?(jurnal). Sage Library In Bussiness & Mangement

 

Papadopoulou, Panaagiota. 2007. Applying virtual reality for trust -  building e-commercee environments. Virtual Reality, 11, 107-127

 

 

Ratminto. 2006. Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual. Jakarta: PT Rineka Cipta

 

 

Sisson, Derek. 1999. Online vs Traditional Commercee. Diakses pada tanggal 1 Juni 2011 dari http://www.philosophe.com/commercee/traditional.html

 

 

Sofiana, Myrna Dian. 2009. Perbedaan Intensi Membeli Ditinjau Dari Jenis Toko Dan Tingkat Trust Di Kalangan Mahasiswa. Skripsi (tidak diterbitkan)

 

 

Wen Fan,Yi.Wu, Cheng-Chieh & Wu, Wei-Ting. 2010. The Impacts Of Online Retailing Service Recovery And Perceived Justice On Consumer Loyalty (Jurnal). Taiwan: Nation central University

 

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :